Ketika Bau Kaki Menyerang Anda


Ketika bau kaki menyerang anda
Khasiat Tanaman Obat

Sahabat Sehat Bau kaki kadang banyak dialami anggota keluarga, baik itu ayah, ibu bahkan anak. Bau kaki terkadang dapat membuat kita menjadi kurang percaya diri dalam melakukan aktivitas saat berada di tempat umum. Bau kaki kadang dialami oleh anggota keluarga, baik itu ayah, ibu bahkan anak. Salah satu faktor penyebab bau kaki yang sering dialami oleh orang Indonesia adalah karena Indonesia memiliki iklim yang tropis (panas) dan lembab. Bau kaki terkadang dapat membuat kita menjadi kurang percaya diri dalam melakukan aktivas saat berada di tempat umum.
Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya bau kaki. Hampir semua orang bisa mengalaminya, baik karena faktor genetik yaitu bawaan dari lahir maupun karena faktor lain misalnya memakai sepatu yang basah. Jangan biarkan bau kaki menghampiri Anda dan membuat hidup Anda menjadi terganggu. Banyak cara untuk menghindari dan mengatasi bau kaki, berikut adalah tipsnya :
  • 1. Kenali jenis kaki Anda
Setiap orang memiliki jenis kaki yang berbeda-beda. Ada jenis kaki kering, ada jenis kaki lembab dan juga jenis kaki yang basah karena sering berkeringat. Biasanya bau kaki lebih sering terjadi pada orang yang memiliki jenis kaki basah. Yang manakah jenis kaki Anda?
  • 2. Pakailah sepatu yang sesuai dengan kondisi kaki Anda
Ketika Anda telah mengenali jenis kaki Anda, pilihlah sepatu yang sesuai dengan jenis kaki Anda. Jika jenis kaki Anda kering Anda tidak perlu terlalu kuatir karena jenis kaki ini tidak memiliki masalah yang serius sehingga Anda dapat menggunakan semua jenis sepatu. Jika jenis kaki Anda lembab gunakan sepatu yang memiliki celah agar udara dapat masuk dan jika kaki Anda basah atau selalu berkeringgat gunakan sepatu yang terbuka dan hindari sepatu yang berbahan kain.
  • 3. Menjaga kebersihan sepatu
Biasanya ketika sepatu basah karena hujan atau terkena air, banyak orang hanya mengeringkannya dengan cara dijemur. Tetapi ternyata hal ini dapat menimbulkan jamur pada sepatu dan menyebabkan sepatu lebih mudah bau. Kuman dan jamur adalah sumber yang membuat sepatu bau. Jadi, akan lebih baik jika Anda menjaga kebersihan sepatu dan sering mencucinya agar selalu bersih.
  • 4. Letakkan sepatu pada tempatnya
Sepatu yang kotor akan menimbulkan munculnya jamur atau bakteri-bakteri yang dapat berkembang biak. Jangan biarkan sepatu Anda tergeletak pada tempat yang kotor. Letakkan sepatu Anda pada tempatnya seperti rak sepatu atau lemari sepatu. Jangan menaruh rak atau lemari sepatu di halaman rumah tetapi taruhlah di dalam rumah karena kebersihannya lebih terjaga serta agar tidak terkena debu dan panas suhu udara yang berlebihan yang dapat mengotori dan merusak jenis sepatu tertentu.
  • 5. Memakai kaus kaki
Gunakan kaus kaki ketika memakai sepatu karena kaus kaki dapat membantu mencegah bau kaki. Kaus kaki juga dapat menjaga kaki Anda tetap kering.
  • 6. Mengganti alas bagian dalam sepatu
Keringat pada kaki sebagian besar dapat diserap oleh alas kaki pada bagian dalam sepatu, namun lama kelamaan hal ini juga dapat menumpuk bakteri dan jamur. Jika alas kaki bagian dalam ini mulai lembab upayakan untuk sering mencuci atau menggantinya.
  • 7. Menggunakan bedak kaki
Jika Anda telah mencoba saran di atas dan tidak mendapatkan hasil yang memuaskan dalam mengatasi bau kaki, sebaiknya Anda menggunakan bedak khusus untuk kaki yang dapat membantu masalah pada kaki Anda