Bagaimana Cara Membiasakan Prilaku Baik Dan Sehat

Bagaimana cara membiasakan prilaku baik dan sehat
Khasiat Tanaman Obat

Kebiasaan yang baik maka akan menumbuhkan akhlak yang baik pula dan prinsip yang jelas serta mempunyai nilai nilai yang berguna buat kehidupan keluarga dan masyarakat,tips sederhana sengaja kami tulis untuk lebih belajar tentang prilaku keseharian kita di antaranya :

1 . Biasakan Bersikat gigi dan selalu menggunakan dental floss
 
Buatlah diri Anda kelihatan lebih muda enam tahun dengan selalu menyikat serta membersihkan sela-sela gigi setiap hari, ujar Michael Roizen, M.D., seorang anesthesiologist dan internist pada Universitas Illinois di Chicago. Roizen penulis buku Real Age: Are You as Young as You Can Be? (Cliff Street Books, 1999), menuturkan bahwa penelitian terakhir menunjukkan sebuah hubungan antara bakteri pembusuk yang terdapat di mulut dengan bakteri yang terdapat di tenggorokan. Bersihkan gigi Anda dengan benang gigi setiap hari dapat membuat arteri Anda lebih muda, ujar Roizen.
Laki-laki di bawah usia 50 tahun yang menderita penyakit disekitar daerah giginya cenderung 2,6 kali mengalami kematian prematur dan tiga kali lebih berisiko terserang penyakit jantung dibanding pria yang bergigi serta bergusi sehat.  

2 . Beritahu buah hati Anda untuk selalu mencuci tangan
 
Anak yang terbiasa mencuci tangannya dengan sabun sedikitnya empat kali sehari selalu menghadiri kelas sekitar 75%, dimana 25% karena sakit flu dan 50% karena sakit perut dibandingkan anak yang jarang mencuci tangan.
Penemuan tersebut dilakukan di 305 sekolah dasar di daerah Grosse Pointe Park, Michigan seperti yang dikutip di Journal of Family Practice

3 . Bumbui masakan Anda untuk membunuh bakteri
 
Apel yang di pasteurisasi dapat membunuh bakteri. Menambahkan campuran sesendok teh ke dalam 64 sari apel yang belum di pasteurisasi dapat membunuh sekitar 99% bakteri E. Coli yang mungkin ada, terang seorang peneliti microbiology di Universitas Kansas State di Manhattan, Kansas.
Mereka juga menemukan bahwa menambahkan sekitar 3 sendok teh clove pada setiap seperempat pon hamburger juga memiliki efek yang sama. Anda bisa menambahkan lebih banyak clove, cinnamon, bawang putih, dan oregano. Bakteri E. Coli dapat memicu timbulnya keracunan makanan serius, kerusakan ginjal, dan bahkan bisa menyebabkan kematian.
Anda tetap harus memanaskan makanan Anda meskipun bumbu juga dapat membantu, ujar Erdogan Ceylan, seorang asisten peneliti microbiology.   

4 .Perhatikan Dan Teliti konsumsi obat Anda 

Selalu berkonsultasilah pada ahli farmasi Anda tentang pengobatan yang Anda jalani baik herbal ataupun pengobatan yang lainnya,saran David Witmer, Pharm. D., direktur Professional Practice dan Scientific Affairs Division di the American Society of Health-System Pharmacists,Bethesda, Maryland.
Banyak orang tidak menyadari jenis obat yang mereka konsumsi termasuk obat flu, antihistamines, pil KB terutama obat-obatan herbal serta suplemen diet yang biasanya bereaksi pada setiap resep obat,tambahnya.
Interaksi antara makanan, obat-obatan, dan suplemen terbukti dapat menyebabkan kematian, yang telah membunuh sekitar 7.000 orang setiap tahunnya dan 7% rawat inap di rumah sakit, menurut Journal of the Geriatric Society.   

5 .Selalu Periksa tekanan darah Anda secara rutin
 
Anda mungkin berisiko mengalami sakit hati yang serius yang terkadang tidak menampakkan gejala apapun jika Anda menggunakan pengobatan kolesterol atau tekanan darah, dan menggabungkannya dengan alkohol atau obat pemati rasa atau memakai tato dan selalu berganti-ganti pasangan seks.
Pada tubuh yang sehat hati yang merupakan organ terbesar dalam tubuh kita penyaring pembuangan, pabrik gizi, serta pengatur sirkulasi darah pada tubuh. Sebuah tes pada hati yang menelan biaya sekitar US$200 dapat menunjukkan apakah hati kita mengalami kerusakan dari karena kelebihan zat besi,iritasi, atau penyakit hepatitis C yang menyebabkan penyanyi Naomi Judd dan vokalis ZZ Top Billy Gibbons berhenti berkarir.
Anda harus melakukan tes dan periksakanlah secara teratur sesuai saran dokter Anda jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit hati atau menderita risiko viral hepatitis. Juga berisiko pada pasien yang menjalani pengobatan atau menjalani aktifitas yang telah disebutkan.
Tes tersebut cukup sederhana dengan mengambil contoh darah Anda, dan Anda harus mengetahuinya, ujar David Brandhagen, M.D.,  seorang ahli hepatologist di  Klinik Mayo. Jika Anda beraksi pada sebuah obat, Anda dapat menghentikan penggunaannnya, karena hati dapat sembuh dengan sendirinya.
Tetapi jika Anda menderita viral hepatitis, Anda harus memeriksakannya lebih lanjut untuk mencegah kerusakan hati jika memang Anda membutuhkan pengobatan.