Obat Batuk Rejan


Obat batuk rejan
Khasiat Tanaman Obat
Batuk rejan ( tussis consulsiva )ini cepat terjangkit terhadap anak-anak. Penularannya melalui batuk-batuk, bersin, dan muntahan sipenerita, karena baksil-baksil yang berterbangan terhisap oleh orang lain yang berdekatan dengan sipenderita. Gejalanya , batuk-batuk, kadang-kadang disertai muntah, bunyi batuknya mengaung ( seperti suara anjing menggonggong .). kepala pusing, mata merah, kadang panas dingin, susah tidur, dan tidak nafsu makan. Batuk ini ini dapat disembuhkan dengan ramuan sebagai berikut :
Bahan 1
Daun waru muda ( hibiscus tillaceus L ) = 5 gr.
Belimbing wuluh ( averrhoa bilimbi L ) = 10 gr.
Garam dapur secukupnya.
Cara membuatnya, semua bahan dihancurkan jadi satu, diber 2 gelas air panas lalu disaring. Cara menggunakannya diminum 3 kali sehari.
Bahan 2
Jeruk nipis yang masak ( citrus aurantifolia ) = 1 buah
Daun sirih ( piper betle ) = 10 lembar.
Cengkeh ( syzygium aromaticum L ) = 15 biji
Pala ( myristica fragrans houtt ) = ½  buah
Kayu manis ( glycyrrhiza glabra L ) = 1 potong kecil.
Cara membuat, semua bahan jadi satu dengan 1liter air, dan biarkan tinggal ½ liter. Cara penggunaannya, diminum 3 kali sehari, dan setiap meminumnya diberi madu murni satu sendok makan.
Bahan 3
Cakar ayam = 6 potong
Cara membuatnya, cakar ayam dicuci beresih, masukan dalam panic, lalu rebus selama 5 jam, saringlah air cakar ayam tersebut, lalu masukan kedalam botol yang beresih namun jangan sampai penuh. Kemudian botol-botol tersebut dimasukan kedalam panic yang berisi air dingin kira-kira setinggi 3 jari, lalu direbus selama 1 ½ jam, setelah itu ambilah botol-botol itu lalu dinginkan. Cara menggunakannya, minumlah air cakar ayam itu dengan ketentuan sebagai brikut :
- Anak berumur 7 bulan – 1 tahun, tiap 3 jam 1 sendok teh.
- Anak berumur lebih 1 tahun, tiap 3 jam 1 sandok kopi.
- Anak berumur 2 – 4 tahuntiap 2 jam 1 sendok kopi.
- Anak berumur 5 tahun ke atas, tiap 2 jam 1 ½ sendok kopi.
Bahan 4
Jeruk nipis yang masak ( citrus aurantifolia ) = 1 buah
Gula batu = 2 sendok makan.
Daun sirih ( piper betle ) = 8 lembar.
 Cara membuatnya, daun sirih dan gula batu direbus dengan 2 gelas air, hingga tinggal 1 gelas. Jeruk nipis dibelah lalu diperas, dan dimasukan kedalam gelas yang berisi air rebusan tadi. Cara penggunaannya, diminum  sedikit demi sedikit, hingga habis satu hari
Bahan 5
Daun patikan cina (Euphorbia prostrate Ait) = 1 genggaman.
Cara menggunakannya, rebus daun patikan cina itu diminum, dijadikan seperti minum teh.
Saran-saran bagi yang menderita penyakit ini, jangan makan makanan yang pedas, dingin dan berminyak. Jangan merokok, minum es dan alcohol. Hindari tempat yang dingin atau angin, dan mandi dengan air hangat.