Perawatan wajah dengan Bahan Alami

Perawatan wajah dengan bahan alami
Khasiat Tanaman Obat

Banyak buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit yang bisa kita temukan di sekitar kita. Bahan-bahan alami bukan hanya aman tapi juga menghindarkan kita dari karsinogen (pemicu kanker) dari produk-produk kecantikan kimiawi.Selain buah dan sayuran bahan- bahan di dapurpun bisa kita gunakan untuk perawatan kecantikan. 

Bahan-bahan alami  yang bisa digunakan untuk perawatan wajah: 

1.      Buah Mentimun  merupakan salah satu bahan alami yang berfungsi sebagai penyegar alami atau sering disebut astringent. Cara menggunakannya potong mentimun menjadi dua bagian lalu gosok-gosokan ke wajah secara perlahan hingga terasa kesegarannya. Lalu diamkan dan keringkan. Setelah itu bersihkan wajah dengan air. Cocok untuk kulit berminyak dan normal. Selain itu Mentimun juga bisa digunakan sebagai penyegar mata, ketika menggunakan

2.      Buah Tomat  berfungsi untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah dan menyegarkan wajah serta menghaluskan kulit wajah. Gosokan tomat perlahan ke wajah. Diamkan sebentar lalu basuh dengan air. Atau bisa diblender terlebih dahulu lalu papakan ke wajah sehingga seperti menggunakan masker, diamkan hingga menyerap kira-kira 15 menit. Hati-ati penggunaan terhadap wajah sensitive dan kering. Tomat cocok untuk kulit wajah berminyak dan normal. 

3.      Buah Alpukat yang satu ini sangat segar bila dijus namun selain itu buah ini sangat bermanfaat sebagai pelembab alami sangat cocok untuk jenis kulit kering. Pelembab alami tanpa efek samping yang dapat mengencangkan, membersihkan serta merawat kesegaran kulit wajah.Caranya lumatkan alpukat bisa dengan cara di blender , oleskan lumatan alpukat ke wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit . Untuk merawat kulit kering dan normal.

4.      Buah Pisang  yang dikenal sebagai makanan monyet ini ternyata mempunyai khasiat yang luar biasa bagi wajah kita yaitu membuat kulit tampak lebih mulus dan bersih. Membersihkan wajah secara alami bisa dengan menggunakan pisang caranya lumatkan setengah potong pisang. Gunakan sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat lalu untuk menyegarkannya bilas dengan air dingin.

5.      Buah Bengkoang  yang satu ini berwarna putih yang sering digunakan dalam produk kecantikan untuk memutihkan kulit. Memang bengkoang berkhasiat mencerahkan kulit dan memudarkan noda hitam di wajah. Caranya parud bengkoang, peras sarinya. Diamkan semalaman dan besok paginya akan mengendap sari-sari bengkoang. Buang airnya lalu jemur atau keringkan sari bengkoang tersebut. Maka sari-sari bengkoang tersebut akan menjadi masker bengkoang alami yang sangat bermanfaat bagi wajah. Penggunaanya sama seperti cara menggunakan masker.

6.      Buah Anggur  berfungsi untuk menghilangkan kerutan di wajah. Caranya belah dua anggur. Lalu oleskan atau usap-usapkan pada wajah secara merata. Diamkan kira-kira 15 menit hingga mengering. Lalu basuh dengan air.  

7.      Buah Apel mengandung zat anti lemak yang berfungsi mengangkat kotoran pada kulit wajah. Lumatkan apel dengan cara diblender. Oleskan pada wajah. Tunggu hingga 15 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat. Masker apel sangat cocok bagi jenis kulit berminyak karena mampu menetralisir minyak yang berlebih.

8.      Buah Pepaya berfungsi untuk menghilangkan jerawat. Pepaya dihaluskan dengan blender. Lalu tenpelkan pada wajah kira-kira 15-20 menit. Lalu bilas wajah dengan air hangat. Gunakan secara rutin 2x seminggu dan lihat hasilnya.

9.      Buah Jeruk Nipis yang masam ini ternyata berkhasiat mencerahkan kulit wajah. Caranya potong buah menjadi dua. Gosokan perlahan-lahan ke daerah wajah. Hati-hati menggunakan jeruk nipis karena jeruk nipis pedih bila terkena kulit. Apalagi bagi yang berkulit sensitive atau kering isarankan tidak menggunakan jeruk nipis. Jeruk nipis cocok untuk kulit berminyak karena kandungannya dapat menetralisir minyakdi kulit. Diamkan wajah hingga mongering lalu basuhlah wajah hingga bersih.
Bahan-bahan alami di atas anda bisa dapatkan secara murah atau bahkan gratis. Anda hanya tinggal pilih sesuai dengan jenis kulit anda. Menggunakan bahan-bahan alami memang hasilnya tidak secepat menggunakan produk kecantikan kimiawi. Namun jika kita rutin melakukannya maka kita akan terlihat lebih natural dengan cantik alami dan tentunya aman bagi kulit bahkan dapat menyehatkan kulit kita. Jadi Lets Back To Nature….!