CARA TIDUR SEHAT

Cara tidur sehat
Khasiat Tanaman Obat
Sahabat  Tidur sehat merupakan sumber kesegaran, daya konsentrasi, tenaga, dan vitalitas yang membuat kita mampu mengoptimalkan produktivitas kerja. Berikut ini Rumah ceria berbagi Tips tentang Bagai Mana Tidur Yang sehat yuk kita simak 

1. Teratur dan disiplin

Sahabat RC Cara terbaik menikmati istirahat malam adalah selalu tidur pada waktunya. Jika tidur terlalu cepat dan bangun lebih pagi, Anda akan mengalami gangguan semacam jet lag. Seperti halnya orang yang baru bepergian naik pesawat udara dari negara dengan perbedaan waktu yang panjang. Agar jam biologis tubuh tetap, bangunlah pada waktu yang kurang lebih sama, tidak peduli apakah Anda merasa cukup tidur atau tidak.
Semakin Anda berusaha tidur, akan semakin sulit. Kalau hal ini Anda alami, satu-satunya jalan adalah mencari kemungkinan untuk menebusnya. Sesudah itu kembalilah pada konsep keteraturan.

2. Olahraga teratur 

Olahraga yang cukup dan teratur merupakan obat mujarab untuk menetralisasi ketegangan fisik dan pikiran. Hal ini sedikit banyak membantu meningkatkan kualitas tidur. Biasanya orang yang berbadan bugar jauh lebih dapat menikmati tidur ketimbang mereka yang jarang berolahraga.
Sahabat RC Cukup melakukan olahraga jalan kaki selama 20-30 menit. Cara lain dengan berenang atau bersepeda. Biasakan berolahraga tiga kali seminggu. Waktu yang ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari.

3. Kurangi zat perangsang

Kalau Anda pencandu kopi, sebaiknya meminumnya 6-8 jam sebelum tidur. Efek rangsangan kafein akan bekerja sedikitnya 2-4 jam kemudian. Minum kopi pada petang hari bagi kebanyakan orang akan membuat sulit tidur.
Kafein bukanlah satu-satunya pengganggu tidur. Tirosin, zat yang biasa ditemukan pada cokelat, juga dapat membuat jantung berdebar-debar pada malam hari. Pil-pil untuk diet biasanya juga mengandung perangsang yang membuat sulit tidur. Ada jenis obat-obatan tertentu yang berpengaruh pada pola tidur. Jika Anda terpaksa meminumnya, mintalah petunjuk dokter.

4. Ciptakan suasana dan ritualisme

Jaga kelembaban atau suhu udara di kamar tidur supaya Anda merasa nyaman. Sebaiknya kamar tidur mendapat cukup sinar matahari. Sebelum berangkat tidur, jauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu pikiran. 

5. Jangan merokok 

Sahabat RC Nikotin memberi pengaruh lebih kuat ketimbang kafein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa perokok berat sering mengalami gangguan tidur. Hal ini disebabkan nikotin. Mereka yang menghabiskan rata-rata dua bungkus rokok sehari akan melewati separuh waktu tidurnya dengan terjaga. Penelitian lain mengungkapkan bahwa berhenti merokok dapat memperbaiki pola tidur secara dramatis.

6. Jangan mengonsumsi alkohol berlebihan

Minuman beralkohol kerap dianggap sebagai alat bantu tidur yang ampuh. Hal ini mungkin benar, tetapi kualitas tidur yang diperoleh tidak seperti yang diharapkan. Sahabat  hanya akan menikmati tidur semu karena pada saat bangun akan merasa begitu lelah. Bagi kebanyakan orang yang berpenyakit sulit tidur, terlalu banyak minum alkohol membuat mereka sering terjaga sepanjang malam.

7. Utamakan kualitas

Pernahkah Sahabat merasakan tidur hanya beberapa jam, tetapi membuat Anda merasa seperti tidur berjam-jam? Pada saat bangun Anda tampak lebih bugar ketimbang mereka yang tidur berjam-jam. Itu tandanya kualitas tidur Anda lebih baik dari mereka. Manfaat lain dari kualitas tidur yang baik yakni Anda memiliki waktu ekstra untuk melakukan berbagai kegiatan.

8. Buat rencana kerja

Satu hal yang perlu Sahabat  lakukan menjelang tidur adalah memikirkan rencana-rencana yang akan dilakukan esok hari. Buatlah daftar untuk memudahkan Sahabat mengingatnya. Catatlah hal-hal yang membuat Shabat ragu atau khawatir dan langsung tuliskan beberapa kemungkinan pemecahannya. Apabila ada hal-hal yang membuat Sahabat  gusar, jangan sampai terbawa tidur. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda akan menyelesaikannya esok hari.

9. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau kekenyangan

Menjelang tidur sebaiknya tidak ngemil kacang-kacangan atau buah yang mengandung gas seperti durian. Hindari pula makanan yang berkadar lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. 

10. Gunakan kasur yang ideal

Ciri paling menonjol dari kasur lateks adalah kenyamanan prima dan tingkat higienitas yang tinggi. Nyaman karena kasur lateks bersifat lentur (bukan empuk) dan dapat menopang secara sempurna mengikuti bentuk tubuh. Hal ini tentunya akan mencegah timbulnya nyeri punggung pada saat bangun tidur. 
Okeh Sahabat  itulah Tips  Cara Tidur Sehat Semoga bermanfaat ..selalu jaga kesehatan kita